Sihoda Berikan Penampilan Penuh Arti di ‘Archipelago in The Land of God’

Sihoda memberikan penampilan yang penuh makna di kegiatan 'Archipelago in The Land of God', Pagelaran ini dibuat Pemkab Simalungun untuk mendukung Formula One Power Boat (F1H2O) yang dilaksanakan di Open Stage, Pagoda Parapat, Jumat (24/2/2022).

topmetro.news – Sihoda memberikan penampilan yang penuh makna di kegiatan ‘Archipelago in The Land of God’, Pagelaran ini dibuat Pemkab Simalungun untuk mendukung Formula One Power Boat (F1H2O) yang dilaksanakan di Open Stage, Pagoda Parapat, Jumat (24/2/2022).

Sihoda juga menampilkan tarian spesial yang pernah mereka bawakan saat tampil di luar negeri, yakni Turki. Tarian itu adalah ‘Tari Nusantara’ yang mendapat juara 2 dan the best costum. Serta Halibitongan (Pelagi) yang mendapatkan juara 1.

“Sengaja kami tampilkan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Simalungun,” sebut Laura Sinaga.

Laura juga menjelaskan makna dari ‘Tarian Halibitongan’ tersebut, di mana ingin mengungkapkan bahwa perempuan dan kaum disabilitas bisa berprestasi.

“Kami kaum perempuan dalam menari kalau di adat terlalu banyak aturannya. Itu kan kalau di adat. Tetapi kalau tidak di adat, kan kita dalam menari bisa kayak tadi sambil melompat,” ucapnya.

“Satu lagi, seperti saya disabilitas. Biasanya minder karena kita selalu dilihat seperti orang yang berbeda. Jadi saya mau menunjukkan bahwa kami bisa berprestasi layaknya seperti mereka-mereka,” paparnya.

Untuk itu Laura mengharapkan agar pemerintah khususnya Pemkab Simalungun memberikan panggung-panggung seperti ini kepada seniman-seniman. “Mudah-mudahan acara seperti ini bisa berlangsung lagi di hari-hari lain,” tutupnya.

penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment